LAPORAN PENGUKURAN KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PROSES PENDIDIKAN 2020

Keberhasilan perguruan tinggi dalam mencapai visi dan misi, salah satunya ditentukan oleh kepuasan mahasiswa terhadap layanan yang diberikan perguruan tinggi. Hal ini dikarenakan mahasiswa selain berperan sebagai input, mereka juga adalah pelanggan (konsumen) yang memanfaatkan jasa perguruan tinggi. Karenanya dalam konsep pelayanan kepuasan mahasiswa menjadi penting.

Pada saat ini, kualitas pelayanan perguruan tinggi terhadap mahasiswa dipandang sebagai salah satu alat untuk mencapai keunggulan kompetitif perguruan tinggi. Jika kualitas pelayanan buruk dan kepuasan mahasiswa terhadap layanan perguruan tinggi kurang memuaskan, maka dalam jangka panjang daya saing perguruan tinggi akan melemah dan sulit berkembang. Namun, pelayanan berkualitas perguruan tinggi bukan pekerjaan mudah, karena melibatkan banyak aspek seperti pola penyelenggaraan (tata kelola), dukungan sumber daya manusia, dan kelembagaan yang jelas.

Survey pengukuran kepuasan mahasiswa terhadap proses pendidikan ini dilakukan untuk menjaring tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan yang diberikan oleh Universitas Muhammadiyah Lamongan. Hasil survey akan menjadi masukan bagi perbaikan maupun peningkatan kualitas pelayanan Universitas Muhammadiyah Lamongan di masa selanjutnya.

Survey merupakan salah satu jenis penelitian yang digunakan untuk meneliti gejala suatu kelompok atau perilaku individu. Dalam survey, penggalian data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dari Google LAPORAN SURVEY PENGUKURAN KEPUASAN MAHASISWA SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2019/2020 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH LAMONGAN 7 Form. Populasi survey adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Lamongan sebanyak 1000 orang yang tersebar di 3 (tiga) fakultas. Sampel pada survey ini adalah sebanyak 557 mahasiswa.

Untuk Lebih detailnya bisa membaca di tautah berikut :